Selasa, 14 Agustus 2018

14.08.18 : Nonton Pembukaan Pameran Kemerdekaan RI

Dalam rangka memperingati hari ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-73, kami dapat undangan menghadiri salah satu acara pameran yang diramu dengan musik dan kegiatan lain di Gedung Foto Jurnalistik Antara.

Lokasinya di Jalan Antara dan sudah bisa ditebak dun, ini gedung milik kantor berita Antara seaktu jaman penjajahan dulu. Kini gedung ini dipergunakan untuk berbagai kegiatan, salah satunya pameran foto.

Ada banyak foto langka dan jarang dilihat terutama bagi pecinta sejarah seperti kita ini. Disarankan bagi para orang tua untuk lebih rajin membawa anak2-nya ke lokasi seperti ini. Buat generasi muda, sangat direkomendasikan datang deh.

Pas acara pembukaan kebetulan cukup rame, dihadiri pula oleh Duta Besar Jepang untuk RI karena pameran foto ini juga bekerjasama dengan pihak Kedutaan Besar Jepang, Perpustakaan Nasional, Arsip Nasional dan Kantor Berita Antara.

Sukses buat panitia karena banyak membuka wawasan dan walaupun gak bisa menceritakan satu persatu dalam blog ini, setidaknya kita sudah mengarahkan para Pembaca untuk datang dan melihat langsung.

Rujukan yang menarik adalah koleksi foto, banyak diambil dari kesaksian Saseo Ono, seorang warga Jepang yang mendokumentasikan dengan baik dan konon tercantum dalam buku biografinya. Domo Arigato Ono-san.

Bahkan tema acara ini juga jelas bingitz, Jagung Berbunga Diantara Bedil dan Sakura (1042-1945), ada rentang waktu yang menjelaskan 3 tahun masa pendudukan Jepang dan nama Antara, Jagung, Bedil dan Sakura. Hmm menarik ini..

Bagusnya, supaya menarik minat generasi muda, didatangkan pula kelompok musik J-Rock sedangkan buat yang rada berumur disediakan Gugun Blues & The Shelter (semoga gak salah nulisnya). Intinya asyik deh. Bravo !

Dokumentasi, terlampir deh.

                                               JaKaRTa, 14.08.18

Tidak ada komentar:

Posting Komentar