Sabtu, 11 Agustus 2018

11.08.18 : Napak Tilas Asian Games



Sabtu tgl 11/08 siang, masih blon punya ide mo jalan kemana karena niatnya memang mo istirahat. Ehh ba'da dzuhur baca WA ada penawaran jelong2 di kota Jakarta via wisata kreatif Jakarta.  Kebetulan pemandu tur-nya temen kampus : Ira Latief (HI98 Unpad).

Jadilah reuni mini dan niatan pengen tahu napak tilas kegiatan olahraga terbesar di Asia, khususnya di masa lalu. Apa sih niatan Bung Karno ngadain Asian Games tahun 1962 di Jakarta. Tujuannya pengen mengangkat derajat bangsa Indonesia ke kancah internasional.

Klo dipikir-pikir, blon lama merdeka, punya apa coba selain komitmen dan rasa percaya diri yang kuat. Saat itu pemerintah Indonesia berupaya keras membangun fasilitas untuk mendukung keberhasilan Asian Games 1962. Apa aja hayo ?

Ada pusat pertokoan Sarinah (department store pertama milik pemerintah hingga saat ini dan memiliki fasilitas escalator canggih pertama di Tanah Air), Tugu Selamat Datang (untuk menyapa para peserta Asian Games), Hotel Indonesia (bintang lima di jamannya dan untuk menampung rombongan tamu/peserta), Gelora Bung Karno (sebelumnya Istora Senayan), Jembatan Semanggi (antisipasi bila terjadi kemacetan) dan stasiun televisi nasional yakni TVRI (untuk menyiarkan aktifitas olahraga selama Asian Games).

Intinya, upaya luar biasa dari tokoh Proklamator kita ini untuk menaikkan derajat bangsa Indonesia dalam pergaulan masyarakat internasional. Tanpa itu, sulit rasanya bangsa Indonesia bisa mensejajarkan diri dengan negara2 besar di kawasan Asia.

Tahun ini, Indonesia kembali menjadi tuan rumah pesta olahraga terbesar bangsa2 Asia yaitu Asian Games 2018. Dua kota yang mendapat kepercayaan untuk menjadi tempat penyelenggaraan kompetisi : Jakarta + Palembang. Semoga mancarli.

Oh iya, simak acara napak tilas Asian Games yang kami ikuti pada hari Sabtu tgl 11/08 berikut ini . Gak ada salahnya mengenali sejarah kota dan bangsa ini. Trims untuk Christina atas kiriman dkumentasi foto2 Asian Games 1962-nya  Enjoy.

 


--- quote ---

Special Tur NAPAK TILAS ASIAN GAMES (10 - 12 Agustus sesi pagi jam  09.00 - 13.00 dan sesi sore jam 15.30 - 19.30 )

Tahukah Anda, untuk persiapan menjadi tuan rumah Asian Games untuk pertamakalinya di th 1962, Presiden Soekarno membangun banyak proyek monumental yang ambisius seperti Gelora Senayan, Jembatan Semanggi, Hotel Indonesia, Patung Selamat Datang, Jalan Thamrin hingga didirikannya stasiun televisi indonesia pertama TVRI. Persiapan yang hanya dilakukan dalam 4 tahun tersebut dapat diselesaikan tepat waktu dan mengundang banyak kekaguman di mata dunia. Lalu  Bagaimana dengan persiapan Asian Games 2018?

Menyambut Asian Games 2018,  Wisata  Kreatif Jakarta mengajak Anda untuk ikutan Spesial Tur Napak Tilas Asian Games.  Dalam Tur Spesial ini, Anda akan diajak menyusuri jejak jejak peninggalan Asian Games dahulu, dan juga melihat langsung seperti apa kesiapan Jakarta kini dalam menyambut Asian Games.   

Dalam Tur ini Anda juga akan mendengarkan cerita cerita menarik dibalik setiap spot spot yang dikunjungi, juga melihat langsung bagaimana persiapan Asian Games 2018 yang akan berlangsung sebentar lagi. Kita juga akan berkunjung ke Toko Official Merchandise Asian Games 2018, berfoto dkt kawasan Bundaran HI dan Simpang Susun Semanggi, berfoto dg maskot Asian Games 2018  dan juga melihat wujud kekinian stadion Gelora Bung Karno yg sangat megah.
                                                                                                
Tur Napak Tilas Asian Games ini adalah Tur yang dikombinasikan dengan berjalan kaki dan menaiki bis TransJakarta.

Rute : Sarinah Thamrin/Toko Official Merchandise Asian Games - Jl. Thamrin - Bundaran HI/ - Hotel Indonesia - Simpang Susun Semanggi - Kawasan Gelora Bung Karno (bagian luar karena bagian dalam sudah steril)- Stasiun TVRI

Meeting Point : depan Mc Donald Sarinah Thamrin

Harga : Rp 60.000 (termasuk tiket bis TransJakarta) dibayar on the spot. Diskon 50 persen utk mahasiswa/pelajar dg menunjukkan kartu mahasiswa/pelajar saat registrasi. Tur akan berjalan jika peserta yg mendaftar sesuai jdwl mencapai minimal 10 orang.                                  

JADWAL TUR (Jumat - Minggu 10 ,  11 dan 12 Agustus 2018 , utk sesi pagi jam 09.00 - 13.00 dan sesi sore jam 15.30- 19.30).   

RSVP/Registrasi 0812 9822 9129 (Lisa). 

Kunjungi juga website kami www.wisatakreatifjakarta.com atau pantau IG/Fanpage @wisatakreatifjakarta utk mendapatkan update kegiatan beragam 

Tur kreatif di Jakarta yang diadakan rutin setiap akhir pekan dgn cara berjalan kaki . Yuk kenali lebih dekat kota kita dengan cara yang menyenangkan!                                                                      


---unquote ---


                                                 JaKaRTa, 11.08.18

Tidak ada komentar:

Posting Komentar